Tradisi Berlimbur di Thailand


Berlimbur , salah satu acara penutup festival tahunan ” ERAU ” ternyata merupakan tradisi juga yang dilaksanakan di Thailand. Tetapi kemasannya jadi lebih menarik bagi wisatawan karena tidak terjadi sebagaimana yang ada di Tenggarong, Kutai Kartanegra.

So, sebenarnya kita punya tradisi yang bisa dijual buat acara Wisata Negeri ini. Yang kurang mungkin adalah kemasannya. Tentunya hanya orang-orang yang punya selera wisata -lah yang mungkin mampu menciptakan ” ERAU ” menjadi ajang Festival tahunan yang menarik bagi negeri ini.

Semoga di Pilkada mendatang ini masyarakat Kukar bisa memilih ” Pemimpin ” dan bukannya ” Pemimpi ” untuk memajukan Kutai Kartanegara dari posisi saat ini.

JIKA Anda ingin menghabiskan masa liburan di pertengahan Bulan April, cobalah melongok Thailand. Saat itu, beberapa kota di Thailand sedang merayakan sebuah pesta tahun baru Thai dan disambut dengan festival siraman air yang dikenal dengan julukan Songkran.

Festival Songkran merupakan hari perayaan nasional untuk menyambut Hari Tahun Baru Thai yang biasanya berlangsung pada tanggal 13 hingga 15 April. Bagi warga Thailand, Songkran cukup sakral. Untuk itu, pada hari itu dijadikan waktu yang paling tepat untuk menyucikan diri dari perbuatan dosa.

Upacara pembukaan Songkran juga akan berlangsung di Phra Chetupon Wimol Manklaram atau Temple of the Reclining Budha, Bangkok pada tanggal 10 April 2010. Untuk memeriahkan, berbagai pertunjukan budaya didemonstrasikan termasuk ritual pemandian patung Budha, hingga pameran makanan tradisional Thailand.

Atraksi utama Songkran adalah pemyiraman air. Setiap orang di Thailand harus bersedia mendapat siraman air dari orang lain hingga wajah dan seluruh tubuhnya basah kuyup. Mulai dari keluarga, teman dekat hingga orang yang dituakan berhak menyiram dan disiram sepuasnya.

Selain atraksi saling siram air, sebagian orang di sana juga ada yang pergi ke Wat (salah satu Biara Budha di Thailand) untuk berdoa dan memberikan makanan kepada para biarawan.

Wisatawan

Tidak jarang wisatawan yang ingin menyaksikan Festival Songkran di setiap kota di negeri Thailand. Beberapa kota yang ikut merayakan Songkran adalah Ayutthaya dengan tema Old City Songkran Festival, Chon Buri dengan Songkran Festival, Suphan Buri dengan Amazing Songkran, Chiang Mai dengan Songkran Festival, Samut Prakarn dengan Phra Pradaeng Songkran Festival, Sukhothai dengan Songkran Festival dan Phuket dengan tema Phuket Bike Week 2010.

Yang istimewa, warga di sekitar Pulau Rattanakosin yang dijuluki Old Bangkok biasanya mempersiapkan perayaan Songkran dari tanggal 10 hingga 15 April 2010.

Festival Songkran pertama kali dirayakan pada tahun 1888 dan biasanya perayaan Songkran jatuh pada akhir musim kemarau di Thailand. Sejak kejadian itu, setiap tanggal perayaan festival, dijadikan hari libur nasional.

Adapun negara Asia lainnya yang ikut merayakan Festival Songkran, seperti Myanmar, Laos dan juga Cina.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s