Z H A L I M


Permusuhan dan kedengkian kadang-kadang menyebabkan penindasan atau kedhaliman. Dalam hal ini, kedhaliman dapat dianggap sebagai salah satu cabang amarah. Kezhaliman terkadang dapat disebabkan oleh keserakahan dan kebakhilan yang dapat masuk kategori sifat-sifat jahat hawa nafsu.

Lalu apa yang dimaksud dengan Zhalim….?

Zhalim dapat diartikan meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya. Ini dapat berlaku pada beberapa keadaan, yang dapat dibagi menjadi tiga :
1. Meliputi hubungan manusia dengan Tuhan semesta alam, meliputi diri-Nya atau sifat-sifat-Nya.
2. Mendurhakai dan menentang perintah-perintah Tuhan dan keluar dari keadaan sebagai hamba-Nya, tirani manusia terhadap manusia lain masuk dalam kategori ini.
3. Kedhaliman manusia pada dirinya sendiri dan sesamanya.

Zhalim itu tidak baik adanya, maka dari itu hal inipun dilarang oleh Agama. Dan, oleh sebab itu maka pertemanan dengan orang Zhalim dan membantunya pun dilarang, haram. Bila kezhaliman itu buruk, maka membantu orang yang dhalim-pun demikian adanya.

“ Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang Zhalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolong- pun” ( QS : Hud : 113 ).

Dukungan atau bantuan kepada orang yang zhalim menciptakan banyak keburukan dan kekacauan . Hal ini karena :
a. Dukungan kepada orang yang zhalim menjadikan mereka kuat, dan penguatan mereka menyebabkan meluasnya penindasan, ketidakadilan, serta kehancuran masyarakat, Sebab itu , walau seseorang tidak berdaya,dia tidak boleh meraih haknya dengan cara mendekati seorang tiran atau hakim yang korup. Sebab, memanfaatkan cara semacam itu berarti memberi pengakuan terhadap pengadilan dan pemerintahan semacam itu, yang menyebabkan penguatan mereka. Kerugian perbuatan seperti itu lebih besar daripada kerugian yang terjadi pada perampasan hak seseorang.
b. Mempercayai orang yang zhalim secara perlahan mempengaruhi kultur pemikiran suatu masyarakat yang akan menghapuskan kebencian pada tirani dan ketidakadilan serta mengakibatkan terdorongnya orang untuk menzhalimi orang lain, lalu menjadi tiran.
c. Sebagai suatu prinsip,tidaklah baik mengandalkan orang lain, apalagi mengandalkan para tiran dan penindas.

Masyarakat yang kuat, berkembang , dan maju adalah masyarakat yang mampu berdiri di atas kakinya sendiri, sebagaimana yang telah digambarkan melalui sebuah contoh yang Indah di ayat 29 surah Al Fath : “ Seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokonya.” Suatu masyarakat menjadi bebas dan mandiri hanya ketika ia percaya pada diri sendiri. Hubungannya dengan masyarakat lain hanyalah atas dasar kepentingan bersama, bukan seperti hubungan antara si kuat dengan si lemah. Hubungan yang disebut terakhir, baik itu di bidang pemikiran dan budaya, militer, ekonomi, atau politik, hanya mengakibatkan perbudakan atau eksploitasi.

Siapa yang termasuk pendzalim …?

Pendzalim adalah seseorang yang telah melakukan penindasan , ketidakadilan, atau tirani dalam banyak hal yang berdampak luas, dan dalam hal ini, orang yang telah melakukan tirani semacam itu walau sekali, juga masuk dalam pemahaman ini.

Hati-hati bagi kita yang terdzalimi….?

Hisyam bin Salim berkata, “ Aku mendengar dari Imam Shadiq bahwa ada kalanya seorang yang terdzalimi memohon dan mendoakan keburukan bagi si dzalim sampai sedemikian rupa hingga akhirnya dia sendiri berubah menjadi dzalim. Hal ini dikarenakan apa yang diharapkan oleh orang yang terdzalimi itu terhadap yang mendzaliminya melampaui kejahatan yang telah dilakukan padanya, dia bertindak melampaui proporsinya. Padahal dinyatakan , “ Dan jika kamu memberikan balasan , maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu.” ( QS : An Nahl – 126 ).

Bagaimana dengan kita…..?
Terdzalimi oleh sang tiran tetapi akhirnya kita yang menjadi Pendzalim….?
Terdzalimi oleh sang tiran tetapi mencoba menjadikan Sabar sebagai penolong kita…?
Terdzalimi oleh sang tiran tetapi mendoakan kebaikan baginya….?
Atau……?

Note : Sebuah catatan untuk yang sedang terjadi di bumi pertiwi, yang ingin melihat kepak Garuda terbang tinggi ke cakrawala….

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s