Hati-hati SMS TELKOMSEL


back-ground-batu-dg-text1Masa krisis begini, masih saja penipuan by SMS mengatasnamakan TELKOMSEL.

Tiga hari yang lalu, pada tanggal 6 Maret 2009, sekitar jam 18.30 wita saya memperoleh SMS mengatasnamakan Telkomsel. Adapaun isi SMS tersebut adalah : ” Pelanggan yth : anda mendpt uang tunai Rp.25 jt dr TELKOMSEL poin. Pin anda : 02547. Hub. Call Centre : 085230474702 dan 085230474703.  Pengirim :+777.” Adapun nomer HP pengirimnya adalah : +6285231857879.

Sesuai instruksi, maka saya call nomer 085230474702 pada jam 19.30 wita dan penerimanya adalah seorang wanita. Halo, apa yang bisa saya bantu pak…? tanya sipenerima. Saya hanya bilang bahwa saya adalah penerima hadiah sebesar 25 juta rupiah, dan apa yang harus saya siapkan…? jawab saya. Kemudian si penerima meminta saya menunggu sebentar. Pada saat menunggu terdengar nada tunggu lagu ” Kartu Halo “. Karena lama, maka saya matikan HP saya.

Pada hari Minggu, tanggal 08 Maret, sekitar jam 11.00 wita saya call balik nomer tersebut. Dan yang menerima adalah suara seorang pria. Dia menanyakan hal yang sama, dan juga menanyakan nomer HP saya. Si penerima menanyakan kapan saya memperoleh informasi tersebut dan saya jawab 3 hari yang lalu. Dan jawaban si operator ternyata menyatakan bahwa nomer saya tidak ada di dalam daftar dan sambungan langsung dimatikan oleh si operator. Karena penasaran, maka saya call lagi dan ternyata nadanya nada sibuk, begitu untuk nomer yang lainnya.

Dari informasi ini, maka dapat kita ketahui bahwa modus penipuan ini adalah :

1. Nomer HP yang dikirimi hanya di arsip oleh mereka pada periode harian,

2. Menggunakan  sejenis perangkat sejenis PABX system

Dengan adanya modus-modus seperti ini, kita harus selalu melaporkan kepada pihak berwajib untuk melacak jaringan mereka. Tetapi sampai saat ini, saya belum tahu mekanisme pelaporan penipuan-penipuan seperti ini. Seharusnya modus ini tidak cukup hanya dengan menempel pemberitahuan tentang penipuan ini di ATM-ATM, tetapi harus diberantas habis sehingga masyarakat awam tidak banyak yang tertipu oleh manusia-manusia penipu nseperti ini.

Dengan pemberitahuan ini, saya berharap Indonesia bisa terbebas dari para penipu-penipu ini.

Semoga….

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

