Lima Fraksi DPRD beri Lampu Hijau


me-non-kopiah-n-text2Lima Fraksi DPRD Beri Lampu Hijau

 

 

 

Tribun Kaltim, hari ini memberitakan bahwa lima fraksi di DPRD Kaltim telah memberi “ Lampu Hijau “ bagi Gubernur Kaltim Awang Faroek untuk melanjutkan gugatan arbitrase di ICSID. Sinyal ini diberikan setelah melihat sikap PT. Kaltm Prima Coal ( KPC ) dan Bumi Resource yang hingga kini tak membayar kompensasi Rp.285 milyard kepada Pemprov Kaltim.

 

Lampu hijau ini diberikan mengingat pihak KPC belum juga  melakukan divestasi saham, dan masih menunggak royalty triliunan rupiah serta belum dibayarnya kompensasi sebesar 285 milyard rupiah.

 

Permasalahan pertambangan yang mengeruk kekayaan alam di bumi Indonesia ini tanpa melakukan kompensasi yang memadai bagi pembangunan daerah , marak terjadi di bumi kita tercinta Indonesia.

 

Papua adalah salah satu contoh nyata yang sangat jauh dari kesan memadai dalam kontribusinya membangun Indonesia. KPC yang melakukan penambangan di wilayah Kaltim dimana akses jalan darat cukup memadai untuk dilakukan proses penutupannya bila masyarakat melakukan aksinya, tentunya harus disikapi lebih proaktif oleh pihak KPC. Sebab bila hal ini tidak dilakukan maka hambatan proses Produksi bila terjadi demo oleh masyarakat Kaltim akan menimbulkan kerugian  untuk KPC.

 

Sebaiknya KPC tidak melakukan langkah-langkah sebagaimana Industri Kehutanan di Kaltim, dimana pada saat ini banyak Industri Perkayuan yang telah tutup karena penebangan hutan yang tidak berkelanjutan sehingga kayu / log telah menjadi barang langka pada saat ini. Tutupnya Industri Kehutanan telah terlihat nyata pada pembangunan Kaltim, dimana tak ada sedikitpun kesejahteraan masyarakat desa sekitar Hutan mapun masyarakat Kota Kabupaten yang ada.

 

Masih haruskah terjadi lebih banyak manfaat dari pengelolaan tambang ini yang mengalir di Jakarta ? Karena itu wajarlah kalau Dewan harus menyuarakan aspirasi masyarkat Kaltim agar pak Awang melakukan proses hukum untuk meninjau kontrak karya yang ada.

 

Bagaimana pak Awang…, siapkah anda mengembannya…?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s