Etika Islam : Bagaimana Berbakti Kepada Orang Tua


img_0009

“ Adab Berbakti Kepada Orang Tua “


Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi kedudukan orang tua. Posisi ayah – ibu sangat diistimewakan. Tingkatan ketaatan kepada mereka diletakkan setelah ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Dalam surat Al – Isra ayat 23 – 24, Allah berfirman, “ Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia , janganlah beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya.

Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu, maka janganlah katakana kepada keduanya “ Ah “ dan janganlah kamu membentak keduanya. Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang. Dan katakanlah, “ Wahai Rabb-ku sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil “

Dan jika salah satu dari keduanya atau keduanya berada disisimu dalam keadaan lanjut usia, “ Fa laa taqul lahuma uffin “ maka janganlah berkata kepada keduanya “ Ah “ atau yang lainnya. Jangan memperdengarkan kepada keduanya perkataan yang buruk.

Wa laa tanharhuma “ dan janganlah kalian membenci keduanya. Ada juga yang mengatakan bahwa “ Wa laa tanhar huma al la tanfudz yadaka alaihima “ maksudnya adalah janganlah kalian mengibaskan tangan kepada keduanya.

Ketika Allah Ta’ala melarang perkataan dan perbuatan yang buruk, juga memerintahkan untuk berbuat dan berkata yang baik. Seperti dalam firman-Nya : “ Wa qul lahuma qaulan karima “ dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia, yaitu perkataan yang lembut dan baik dengan penuh adab dan rasa hormat.

Islam memandang, berbakti kepada kedua orang tua adalah ibadah yang sangat besar pahalanya. Sebab merekalah yang mengasuh, membesarkan, mendidik, dan menghidupi anak-anaknya. Bahkan dalam salah satu riwayat Rasulullah menegaskan : “ Keridhaan Allah tergantung pada keridhaan kedua orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan keduanya .”

Adab Berbakti kepada Orang Tua

  1. Bergaul dengan keduanya dengan cara yang baik.
  2. Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut.
  3. Tawadlu ( rendah diri ). Tidak boleh Kibir ( sombong ) bila sudah meraih sukses atau mempunyai jabatan di dunia.
  4. Memberikan Infaq ( Shadaqah ) kepada kedua orang tua.
  5. Mendoakan keduanya, seandainya orang tua belum masuk Islam, kita harus tetap berlaku lemah lembut sambil mendoakan keduanya.
  6. Minta ijin sebelum masuk ke kamarnya. “ Dan apabila anak-anakmu sudah mencapai usia baligh, maka haruslah mereka meminta izin padamu ( untuk masuk ) , seperti halnya orang-orang sebelum mereka.” ( QS: An Nur 24 – 59 )
  7. Berdiri menyambut Ibu – bapak.
  8. Tidak menyebabkan orang memaki-maki kepada keduanya.
  9. Berziarah ke kuburan Ibu – bapak.
  10. Membina hubungan baik dengan kawan ibu – bapak.
  11. Melunasi hutang keduanya sesudah keduanya meninggal dunia.
  12. Menepati Nadzarnya.

Sumber : Al Qalam No. 48 , Bahrul Ulum

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s