Guru Sejahtera, Buruh Merana


me-non-kopiah-n-text1Guru di Kaltim makin Sejahtera

Mendiknas, Bambang Soedibyo memberikan apresiasi positif terhadap program-program pendidikan di Kaltim, salah satunya terobosan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang mengusulkan pemberian insentif guru dan dosen minimal 1 juta rupiah per bulan.

Menurutnya, program dan terobosan baru itu memang sudah sejalan dengan program Depdiknas selama ini, termasuk juga berupa biaya pendidikan gratis. Kaltim juga telah menambah alokasi Biaya Operasional Sekolah ( BOS ) yang telah diberikan pusat melalui BOS daerah.

Gubernur Kaltim, Awang Faroek mengatakan bahwa mulai Maret 2009 nanti akan dimulai rencana program biaya sekolah gratis yang diperkuat dengan Peraturan Daerah ( Perda ) untuk mempecepat target wajar 12 tahun serta pemerataan pendidikan buat masyarakat.

Mengenai Insentif, Awang mengatakan bahwa beberapa kabupaten dan kota memang sudah ada yang memberikan insentifnya, tetapi bervariasi. Ada yang Rp.500.000,- hingga Rp.1.300.000,- per bulan, oleh karena itu perlu payung hukum sehingga diupayakan insentif itu bisa mencapai minimal Rp.1.000.000,- per bulan. ( Tribun Kaltim, 14 Februari 2009 )

Dengan adanya Perda ini, tentunya tidak boleh lagi ada anak-anak usia sekolah yang berdiri di sekitar simpang empat pada jam 6.00 pagi hingga sore hari. Juga tak boleh lagi ada guru-guru yang ngobyek dan mangkir pada saat jam sekolah.

Pada saat ini, dimana UMK ( Upah Minimum Kota ) sekitar Rp.966.000,- yang merupakan penghasilan buruh di Samarinda setelah bekerja sebulan, maka angka Rp. 1.000.000,- bukanlah angka yang kecil, karena sudah lebih besar dari UMK. Diluar gaji sebagai guru, maka angka yang diperoleh oleh para guru di Kaltim lebih dari cukup dibandingkan para buruh yang bekerja seharian di pabrik.

Semoga saja kompensasi ini di masa mendatang bisa membuat Sumber Daya Manusia ( SDM ) di Kaltim lebih berkualitas untuk memajukan dan memangun Kaltim. Semoga.

Iklan

3 Komentar

  1. Semoga mereka makin rajin dan bersemangat memberi dan menanam ilmu yang baik kepada murid dan mahasiswa….

  2. Benar pak, jangan banyak ngobyek. Khan Umar Bakri ndak pakai sepeda lagi. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, jadi harus ikhlas menjalani.

  3. info yang bagus…trim’s dan selamat untuk para guru di Kaltim…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s