Mengingat Allah, baik buat Penenang Hati


Al Asmaa – ul – Husnaa

Pengertian

Al Asmaa-ul- Husnaa adalah nama-nama Allah yang bagus – bagus.

Fungsi

Sebagai alat untuk berdoa
“ Allah mempunyai Al Asmaaul Husnaa, maka berdoalah kamu semua kepadaNya dengan menggunakan Al Asmaaul Husnaa “ ( QS. Al A’raf : 180 ).

Tujuan :

Untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hasil :

Dengan ijin Allah SWT akan mendapatkan :

a. Hati menjadi tenang dan mantap.
b. Iman bertambah kuat diikuti amal Shaleh
c. Hidup makin bergairah, makin semangat untuk membangun dunia dan mencari bekal Akhirat
d. Hilang rasa gelisah, susah, stress dan putus asa
e. Akhlak makin baik, menuju akhlakul karimah ( mulia )
f. Semangat belajar meningkat, sifat malas hilang

Jumlah Bacaan :

Paling sedikit sehari semalam satu kali.
Diharapkan setiap akan belajar, akan mengaji dibaca satu kali. Lebih utama lagi bila dibaca saat Shalat wajib satu kali atau lebih. Insyaallah cepat naik derajat. Setiap seminggu sekali, setiap mempunyai hajat dan peringatan hari besar Islam sebaiknya diadalkan MUJAHADAH, yaitu membaca bersama jamaah dengan jumlah lebih dari satu kali, misalnya 7 kali, 11 kali, 21 kali atau sesuai kemampuan, sehingga diharapkan makin cepat terkabulnya doa.

( Diambil dari : Al Asmaa Ul – Husnaa, Amdjad Al Hafidh, 2007 ) Tulisan 1

Kedudukan :

Al Asmaaul Husna adalah pusatnya doa.
Basmalah adalah doa awal tindakan
Al Fatihah adalah doa global dan doa pengarah
Al Quran adalah pengembangan dan perluasan
Shalawat adalah pelican doa
Istighfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, Tahlil dan Hauqalah ( Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah ) merupakan muqaddimah doa,
Al Asmaaul Husnaa adalah doa langsung
Al Quran umumnya doa wasilah.

Petunjuk Membaca

1. Apabila mujahadah bersama jamaah, maka harap dibaca lengkap dari Muqadimah, pusat doa yaitu Al Asmaaul Husnaa, Basmalah, Fatihah, sebagian Ayat-ayat Al Quran, Shalawat Nariyah dan sebagainya. Kemudian ditutup dengan doa besar. Sebelum Mujahadah dimulai, perlu ditambah hadiah Fatihah 3 kali kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para Nabi, Sahabat, Aulia, Ulama dan seterusnya.
2. Untuk setiap hari dibaca sendiri, tidak harus lengkap cukup “ Asmaaul Husnaa “ saja dimulai dengan membaca shalawat satu kali dan ditutup shalawat satu kali, terutama setelah shalat wajib baca 1 kali atau lebih, dan sebut hajatnya. Apabila membaca “ Asmaa “ lebih dari satu kali, sebaiknya diantara “ Asmaa “ diselingi shalawat 1 kali.
3. Bila ingin mengambil sebagian dari Asmaaul Husnaa, maka sebelumnya harus dibaca dulu keseluruhan 99, baru setelah itu diambil sebagian.
4. Apabila di suatu tempat sudah ada jamaah Yasin / Tahlil, Nariyah, Waqiah dan lain- lain maka dimohon dengan sangat ditambah membaca Al Asmaaul Husnaa 1 kali atau 3 kali atau lebih menurut persetujuan jamaah, agar hasil doa dapat lengkap, mencakup kebutuhan dunia dan akhirat, disamping apa yang menjadi hajat saat itu.
5. Bila suatu saat sedang sibuk atau sebab lain sehingga tidak sempat berdoa yang bermacam-macam, maka untuk Asmaaul Husnaa tetap harus dibaca, jangan sampai ditinggalkan, sehingga hubungan hamba dengan Allah SWT tidak terputus dan bantuan, rahmat Allah dan lindunganNya tetap mengalir terus selama hidup di dunia sampai akhirat, untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Catatan :
Bagi kaum wanita, walaupun sedang haid, tetap boleh membaca. Karena yang dilarang antara lain membaca Al Quran, memegang Al Quran, Shalat, Thawaf, berpuasa, berdiam diri di Masjid dan Jima’.

( Diambil dari : Al Asmaa Ul – Husnaa, Amdjad Al Hafidh, 2007 ) Tulisan 1

Adab Mujahadah bersama Jamaah :

a. Khusyuk, memohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh, penuh adab ( taadub ) dan sambil berusaha mengingat makna yang dibaca.
b. Menjaga suara dzikir agar tidak mengganggu orang lain,
c. Membaca secara serempak, jangan ada yang mendahului atau ketinggalan,
d. Menjaga kebersihan dan kesucian diri sendiri, tempat dan pakaian,
e. Bila tempat memungkinkan sebaiknya didahului shalat hajat dua rakaat dan mujahadah menghadap kiblat.

Mujahadah :

Mujahadah menurut bahasa adalah bersungguh sungguh. Menurut istilah adalah bersungguh sungguh untuk memerangi hawa nafsu. Caranya dengan dzikir / ingat kepada Allah, yaitu hati ingat, lisan menyebut dan sikap yang baik serta meningkatkan ibadah.

( Diambil dari : Al Asmaa Ul – Husnaa, Amdjad Al Hafidh, 2007 ) Tulisan 1

resize-of-back-ground-batu-1

About these ads

21 Komentar

  1. assaalaamualaikum…wr wb…
    wahai bapak hamba ALLOH yang dirihoi
    YA ALLOH tolonglah hamba…
    saat ini hamba merasa ada sesuatu yang menguasai diri saya,mengikuti dibelakang punggung. sehingga perasaan hati menjadi tak tenang,gelisah dan seolah-olah merasa takut akan ketidakpastian…
    wahai hamba ALLOH yang diridhoi olehNYA…
    doakanlah saya agar dapat kembali tenang hati dan pikiran…serta menjadi orang yang diridoiNYA seperti bapak ustadz…
    terima kasih pak..semoga ALLOH membalas kebaikan doa bapak…
    wasalam

  2. Insyaallah…

  3. Pak ustas, aq selalu mengalami pikiran kacau… Moho petnjuk pak ustas.

  4. Cobalah lakukan yang sederhana saja, ambil sedikit waktu pada waktu shalat yang paling menyenangkan bagi anda, dalam arti tidak ada kesibukan yang lain.
    Misalnya, saat selesai shalat Magrib biasakanlah perpanjang simpuh anda hingga waktu Isya.
    Apa yang harus anda lakukan…?
    Dzikir lah : Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, La Ilahaillallah….
    Setelah hampir Adzan Isya. Berdoalan kepada – NYA.

    Apapun yang ingin anda sampaikan….

    Insyaallah.

  5. Tolonglah saya…
    saya sedang bingung
    pernikahan sudah diambang pintu, tapi saya masih ragu dengan calon suami saya
    karena hati saya masih untuk pacar lama saya…
    ini ujian, ataukah memang keyakinan saya
    tp kalaupun saya ambil jalan itu, maka akan terjadi hal yang memalukan antara kedua belah pihak…
    ya alloh tolonglah hambamu ini…
    wahai teman2, berilah sedikit pencerahan buat hati saya yang sedang gundah
    terima kasih…

  6. Kenapa ragu…?
    Adakah perkawinan ini merupakan perjodohan ataukah memang merupakan pilihan anda..?

    Apabila memang keduanya adalah plihan anda maka baik adanya dilakukan shalat Istikharah untuk memperoleh petunjukNya. Lakukanlah dengan benar-benar untuk mohon petunjukNya. Insyaallah akan ada petunjuk buat anda dan diberkahi olehNya.

    Tetapi bila bukan karena pilihan anda, cobalah bicara kepada orang tua tentang hal ini.

    Perkawinan, bagi saya hanyalah hiasan semata dalam kehidupan di dunia. Tak ada yang sempurna seperti yang kita inginkan.

  7. Assalamualaikum pak Ustadz

    saya sedang dalam masalah, saya sedang membangun bisnis bersama teman2 saya, niatnya baik agar bisa menampung rekan2 yang kurang beruntung sehingga tetap bisa bekerja, namun dalam perjalanan sepertinya amanat yang saya berikan kepada rekan2 saya sepertinya entah dia salah hitung atau diselewengkan, proyek yang kita kerjakan malah rugi, dan saya terpaksa berhutang. Saya tahu Allah maha Pengasih dan Maha Penyayang, cuma yang saya takutkan nama saya akan jelek nantinya, padahal saya tidak pernah berniat sedikitpun untuk tidak menjalankan amanat proyek yang diberikan kepada saya, mohon petunjuknya ustadz, kasihan anak2 saya masih kecil, gaji saya pun hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari… saya berdoa kepada Allah ,semoga Allah membukakan pintu rezekinya kepada kami agar bisa menyelesaikan proyek2 kami

    wa alaikumsalam warhmatullahi wa barakatuuh

  8. pak ustadz,sya minta saran? selama nich saya ga [pernah melaksanakan ibadah sholat n lupa ma ALLAH SWT,tp kadang sya pas dapat musibah/masalah baru saya ikat pada”NA,,,trus karang menurut ustadz sya hrus bagaimana?

  9. Yang Terhormat Artawan,

    Saya bukanlah seorang Ustadz, saya hanya senang berbagi sesuatu tulisan saja. Masalah Shalat, sebagai muslim, Shalat adalah kewajiban. Kalau saat ini masih belum bisa lengkap maka berusahalah untuk menjadi lengkap lima waktu. Saya pikir ini hal yang wajar.
    Kalau kita selalu punya prinsip, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Maka tentunya berlaku pula untuk ibadah kita, kalau untuk mengejar dunia kita lakukan prinsip tersebut, mengapa untuk akherat tidak kita lakukan hal yang sama…?

    Kalau itu yang terjadi, maka sebenarnya kita tidak adil dalam menyikapinya….?

    Semoga , Hari esok lebih baik dari hari ini , untuk kita semua.
    Amin.

  10. Wa alaikumsalam wr.wb Muhammad,

    Maaf, sekali lagi saya ingin sampaikan bahwa Saya bukan Ustadz, saya hanya insan seperti mas Muhammad juga.
    Untuk masalah bisnis saya tidak punya ilmunya, karena saya hanyalah seorang karyawan swasta.

    Masalah rejeki, atau keberuntungan dalam usaha kita, pahit – manisnya pastilah ada, maka dari itu tulisan mengenai Mengingat Allah adalah untuk penyeimbang jiwa ini yang sering labil dalam menghadapi ujianNYA.

    Masalah kepercayaan tentulah tidak bisa kita lepas begitu saja, karena itu dalam teori manajemen selalu ada yang namanya konsep P – D – C – A ( Plan – Do – Check – Action ). Perlu adanya PDCA ini untuk meminimalisir adanya penyimpangan dan mengetahui lebih dini adanya penyimpangan ( kalau ada ).

    Cobalah share dengan teman-teman bisnis anda tentang kelanjutan bisnis ini. Jangan lupa , bahwa yang bisa kita percaya bukanlah orang lain tetapi diri kita, artinya, jangan pernah menaruh kepercayaan pada orang lain untuk suatu hal. Dan cobalah share dengan yang telah menjalankan bisnis ini yang sukses.

    Semoga cobaan ini bisa menjadi locatan ke arah yang lebih baik untuk Muhammad.
    Amin

  11. assalamualaikum…
    pak tolong saya,,saya lagi bimbang, bingung, gak tenang, pikiran makin ruet, mau share ma temen, tpi 1 temanpun gak da yang bisa ngertiin, pa lg liat nilai ujian kuliah ku, hancur…aku gak tau apa yang harus aku lakukan…semuanya kayaknya serba salah……

  12. assalammualaikum wr, wb.
    pak, saya sedang gelisah ,, apa yg harus saya lakukan?
    karena sesuatu yg tidak saya ketahui , mungkinkah ini suatu peringatan kepada saya karena saya selalu melalaikan perintahNya?
    disaat saya sedang ingin fokus kepada sesuatu hal yg penting(pendidikan) ada saja godaan dan rasa malas pada diri saya.
    mohon nasihat dan amalan2 apa yg harus saya lakukan

    terima kasih , wassalammualaikum wr, wb

  13. assalamualaikum Pak,,
    Pak,Saya sedang bingung,,
    Adik Saya hamil di luar nikah dan sekarang sudah punya anak dan keluarga ingin adik Saya berpisah dengan suaminya dan tinggal bersama lagi,,,
    Saya dan keluarga sangat menyayangi adik Saya itu apalagi suami adik Saya dan keluarganya sangat tidak perhatian dengan adik Saya,,
    Apa yang seharusnya Saya dan keluarga lakukan Pak..??
    Apakah berdosa memisahkan suami-istri walaupun pernikahan nya hanya di bawah tangan..???

  14. Wa alaikum salam wr.wb. dinda Azka,

    Mohon maaf baru buka Blog, dan untuk menjawab masalah dinda rasanya berat untuk berbagi. Kenapa harus berpisah …? Khan mereka sudah menikah sebagaimana mestinya..? Mungkin ada baiknya biarkan mereka berdua yang memutuskan mana yang baik buat mereka.
    Kalau keduanya sama-sama bertekat untuk tetap melanjutkannya melalui mahligai rumah tangga mereka, kenapa harus dipisahkan…?

    Ada sebab lain mungkin yang menyebabkan mereka harus dipisahkan …?

  15. Dik Bunga,

    Jangan pernah bimbang, saat bimbang lakukanlah kegiatan berikut :
    1. Ambillah air wudlu untuk bersuci,
    2. Shalat Sunnah 2 rakaat ,
    3. Dzikir
    4. Berdoalah sepuas hati bunga kepadaNYA sampai meneteskan air mata

    Insyaallah hati Bunga akan lega, curhatlah kepadaNYA karena Dia Maha Segalanya.

  16. Wa alaikum salam wr.wb.

    Dinda Agustian,

    Kenapa harus gelisah, apalagi sudah ada kata dalam hati ” Apakah Ini Peringatannya …? ” Segera ambil air wudlu, shalat dan Dzikir. Sudah itu memohonlah PadaNya.

    Amalan yang baik adalah Dzikir saat gundah gulana.

    Insyaallah akan tenang,

  17. assalamualaikum.
    saya ingin memintA saran, selama 6 bulan ini saya gg pernah bsa tenang karna masalah hati. saya slalu merasa gelisah karna di tinggal pacar saya . seharusx sya merasa senang karnA jauh drii zinah, tpii saya sdah terlanjur cinta dan tidak bsa jauh dri pacar saya, saya ingin melupakan itu smua dengan cara apa??? tlong di bantu ya. trimakasih

    wassalam

  18. Assalamualaikum wr wb

    Dinda Siti Maesaroh, selalu ingatlah kalimat indah ” Apa yang baik Menurut Kamu sebenarnya bisa saja tidak baik buat kamu begitu juga sebaliknya ” maka karena itu tetapkanlan untuk selalu berdzikir.

    Percayalah karena Dzikir adalah sesuatu yang mendekatkan diri kepadaNYA.

    Kalau dekat dengan NYA maka percayalah yang terbaik yang akan diberikanNYA.

    Insyaallah,

  19. assalamu alaikum
    saya selalu merasa sendirian tiap ada masalah padahal disekeliling saya banyak sekali teman ,
    saya juga slalu merasa gelisah tapi tidak tahu apa sebabnya .
    apa yang bisa saya lakukan untuk membuat hati saya menjadi tenang dan gak gelisah lagi
    mohon bapak memberi saran untuk saya.
    trimakasih .
    wassalamu alaikum .

  20. Assalamu’alaikum WR WB

    Keresahan, kegundahan itu pasti ada sebab musababnya
    seperti halnya saya yang saat ini sedang mengalami perasaan seperti itu, saya sudah berusaha berzikir ( dgn selalu membawa tasbih dlm bekerja) namum, perasaan2 tsb tak kunjung hilang
    memang sy tipe orng yg selalu memikirkan hal2 yg seharusnya tidak perlu (sy pun sadar akan hal itu), apakah zikir saya kurang khusyu sehingga perasaan2 tsb masih menghantui saya, pikiran & hati kita selama berzikir seharusnya seperti apa?

    Terima Kasih sebelumnya

    Wassalamu’alaikum WR WB

  21. Assalamu’alaikum wr.wb,
    Mohon petunjuk dari Bapak apa yg harus saya lakukan beserta doa apa yg baik bagi saya. Saya mempunyai masalah yg datangnya bertubi-tubi. 1. saya tertipu oleh pacar saya sendiri dengan membawa kabur uang saya secara tidak terhormat dan sekarang saya tidak tahu rimbanya dia berada dimana. 2. Secara bersamaan saya juga terkena PHK yg statusnya blm jelas. Saat ini hati dan fikiran selalu tidak tenang, gelisah, gundah..Bahkan saya merasa sendiri tidak ada yg perduli dg saya, teman2pun juga mulai menjauh dari saya. Wassalamu’alaikum..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.